Sabtu, 19 April 2014

Ciri-Ciri Kulit yang Sehat




Kulit merupakan bagian berharga dari tubuh kita. Bagaimana kita merawat kulit bisa menggambarkan bagaimana kita menghargai diri sendiri. Ini sebabnya banyak orang sangat sadar akan pentingnya memiliki kulit yang sehat untuk menunjang penampilan. Setelah melakukan berbagai perawatan, mungkin kita merasa bahwa kulit kita sudah sehat, namun benarkah itu?

Untuk mengetahui apakah perawatan yang kita lakukan berhasil atau tidak, tentunya tolak ukurnya adalah kesehatan kulit. Masalahnya sekarang, bagaimana mengetahui apakah kulitmu sehat atau tidak. Berikut ciri-ciri kulit yang sehat:



1. Tidak ada garis halus

Garis halus yang biasa disebut fine line terjadi pada bagian permukaan kulit, sehingga cenderung hilang saat kulit direnggangkan. Fine line merupakan awal dari munculnya kerutan pada kulit. Kulit yang sehat, tidak terdapat garis halus baik yang terlihat ataupun tidak terlalu jelas terlihat.



2. Teksturnya halus dan kencang

Tidak masalah apa warna asli kulitnya, selama teksturnya halus, berarti kulit tersebut sudah selangkah lebih sehat dibanding kulit yang teksturnya kasar. Kulit yang sehat tentu masih kencang dan tidak menggelambir. Tekstur kulit yang halus dan kencang bisa diperoleh dengan rajin merawat kulit dan mengkonsumsi nutrisi-nutrisi yang baik untuk kulit.



3. Kulit berwarna cerah

Kulit yang sehat memiliki warna yang cerah, tidak terdapat flek-flek karena paparan sinar matahari. Kulit yang cerah tidak selalu berarti putih. Kulit cerah berarti, kulitmu tidak menjadi gelap karena rusak oleh sinar matahari. Kulit bagian dalam atau dibagian yang tertutup merupakan standar kecerahan kulit anda.



4. Memiliki kelembaban yang tepat

Kulit yang memiliki kelembaban tang tepat berarti, kulit tidak terlalu kering atau tidak terlalu berminyak. Coba goreskan kulit dengan kuku. Jika garis putih terlihat dengan jelas pada kulit, maka kulitmu tergolong kering. Gunakan pelembab kulit yang alami dan mengandung anti UV.



5. Tetap lentur dan memancarkan kemilau alami

Kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik akan memancarkan kemilau alami, membuat anda tampak lebih muda. Kulit yang lentur adalah kulit yang fleksibel atau kenyal Untuk mengetahuinya, coba cubit kulitmu, kulit yang sehat akan segera kembali ke bentuk semula setelah dicubit. 



6. Kulit nampak bercahaya

Kulit yang sehat adalah kulit yang terawat, makanya salah satu tanda kulit sehat adalah kulit yang nampak bercahaya. Jika kulit tidak terawat, sel kulit mati akan terus menumpuk sehingga menyebabkan kulitmu terlihat kusam dan tidak bercahaya.



7. Kulit tidak belang atau tidak ada tan lines

Untuk mengetahui kulit sehat dari belang atau tan lines, cek daerah seperti batas di mana lenganmu tertutup baju atau tidak, maka tidak ada belang. Begitu juga area seperti pada lengan bagian dalam dan luar yang sewarna, serta kulit badan dan wajah yang tidak terlalu berbeda jauh warnanya. Biasanya belang dikarenakan paparan sinar matahari, gunakan pelembab dengan anti UV untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari.



8. Tidak ada dark spot

Terlalu lama terkena paparan sinar menyebabkan munculnya dark spot, yaitu bintik hitam di kulit. Kulit yang sehat tentu tidak ada bagian yang rusak karena paparan sinar matahari.



9. Bebas dari efek negatif sinar 

Sinar UV A dan UV B punya efek buruk bagi kulit kita. Kedua sinar UV tersebut dapat membakar lapisan luar kulit sampai membuat kulit menjadi kemerahan, belang (karena pigmentasi yang tidak teratur dan merata), warna kulit menjadi lebih gelap, kulit menjadi keriput, dan lain-lain. Nah, kulit yang sehat tentunya terhindar dari efek-efek buruk yang disebabkan sinar UV A dan B. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari yang menyengat langsung dan gunakan pelembab kulit.



10. Kulit Tanpa Keluhan Penyakit

Ciri-ciri terakhir adalah kulit tanpa penyakit apapun. Baik itu komedo , kudis kurap, panu atau jerawat meradang( jerawat bandel yang tidak sembuh-sembuh). Jika terhindar dari penyakit-penyakit tersebut kulit wajah termasuk kulit yang sehat.




Itulah ciri-ciri kulit yang sehat. Jika kulitmu belum menunjukkan semua ciri-ciri di atas, jangan khawatir semua bisa diatasi dengan perawatan terhadap kulit secara intensif. Semoga bermanfaat...


Tetap ikuti 'b n f' dan dapatkan artikel menarik lainnya.



Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Ciri-Ciri Kulit yang Sehat"

Posting Komentar