Rabu, 23 April 2014

Akibat Tidak Membersihkan "Make-up" Sebelum Tidur



Make-up sudah bukan lagi hal yang asing dikalangan perempuan. Kebanyakan wanita menyadari arti penting tampil cantik, oleh karena itu make-up dipilih sebagai media mempercantik diri. Namun seringkali kita tidak menyadari pentingnya membersihkan wajah sebelum tidur, padahal malas membersihkan wajah yang berlapis make-up sebelum tidur dapat menimbulkan efek buruk terhadap kulit. Berikut ini adalah beberapa dampat negatif dari kebiasaan tak rajin membersihkan wajah yang bermake-up:





Menghambat Keluarnya Racun

Saat tidur kulit kita secara alami mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh melalui pori-pori. Jika masih ada make up yang menempel di kulit kita saat tidur maka pori-pori akan tertutup dan menghambat pengeluaran racunn dari dalam tubuh. Padahal tubuh kita berproduksi





Munculnya Masalah Kulit

Masalah kulit akan mudah muncul jika Anda tidak membersihkan make-up sesegara mungkin, seperti:



- Kulit kering

  Kebiasaan tak membersihkan make-up menyebabkan tekstur permukaan kulit 10 persen lebih buruk. Bila    tidur lebih sering menggunakan bagian kanan, maka kulit wajah di area tersebut 20 persen lebih buruk    dibanding kiri. Hal ini diakibatkan sedikitnya oksigen yang diperoleh oleh lapisan kulit. Pasokan oksigen ke  dalam pori kulit terhambat lapisan make-up yang masih menempel. Hal ini tentu sangat merugikan kulit.  "Tidak hanya mengeringkan lapisan atas. Make-up juga menghalangi kulit beregenerasi, sehingga  menghasilkan tekstur yang buruk," kata dermatologist, Dr Stefanie Williams yang merupakan medical    director European Dermatology London clinic.



- Kulit kemerahan

  Kemerahan merupakan gejala kulit terkena iritasi. "Tidur dengan make-up mengakibatkan adanya halangan   pada permukaan kulit," kata William. Make-up memungkinkan bahan yang mengakibatkan iritasi terkunci     di kulit. Hal ini akan memperburuk reaksi alergi, dan menurunkan kelembaban kulit.



- Pori wajah membesar

  Pori wajah seseorang yang sering tidur dengan sisa make-up biasanya akan membesar 5 persen. Williams    mengatakan, hal tersebut dikarenakan adanya sumbatan. Sumbatan ini akan menarik pori sehingga    membuatnya membesar dan mudah terlihat. Hal ini, mmengindikasikan kulit semakin menua. Kondisi ini    serupa dengan lansia yang berpori lebih besar. Faktor usia menurunkan elastisitas, sehingga struktur yang    menopang dan menjaga pori tidak berfungsi maksimal.

 "Tidak membersihkan make-up sebelum tidur akan merugikan kulit jika terus dilakukan dalam jangka waktu  yang panjang," kata pakar kulit dan kecantikan dari Harley Street, dr Sam Bunting.

 Akumulasi polutan lingkungan yang merupakan radikal bebas menjadi penyebab utama. Komponen ini  menurunkan produksi kolagen dan elastin, yang berfungsi memelihara kulit tetap awet muda. Padahal,  struktur akan memburuk bersamaan dengan usia. Keengganan membersihkan make-up sebelum tidur, akan  membuat penuaan makin cepat terjadi.



Iritasi

Produk make-up saat ini mengandung banyak bahan-bahan kimia, belum lagi penggunaan make-up seharian sudah pasti terpapar polusi dan debu. Bila wajah tak segera dibersihkan, hasilnya akan timbul rasa tidak nyaman seperti gatal-gatal, tumbuh jerawat hingga iritasi. Jumlah polutan lingkungan serta bahan kimia yang terkandung dalam make-up akan membawa pengaruh buruk untuk kesehatan kulit anda. Selain itu komponen tersebut akan menurunkan produksi kolagen dan elastin, yang bekerja memelihara kulit agar tetap awet muda. Keengganan membersihkan make-up sebelum tidur, akan membuat penurunan kualitas kulit dan penuaan semakin cepat terjadi.




Menghambat Proses Peremajaan Kulit

Umumnya pada malam hari tubuh mengalami peremajaan terhadap kulit yang disebut dengan istilah detoksifikasi. pada malam hari sel-sel menjadi lebih aktif dalam memulihkan kerusakan kulit seperti adanya sel kuit mati. Jika masih mengenakan make-up pada malam hari, maka sel tersebut akan sangat sulit mengalami peremajaan sehingga kulit menjadi kering dan cepat keriput. Inilah penyebab mengapa terjadi penuaan dini karena kelalaian perawatan




Terjadinya Peradangan pada Mata

Tidur menggunakan make up dapat menyebabkan peradangan pada daerah mata, khususnya jika tidak segera membersihkan maskara dan eyeliner. Kelalaian ini menyebabkan penyumbatan d pada folikel rambut dan kelenjar minyak yang terdapat di kelopak mata. Hal ini dapat menimbulkan peradangan pada mata, akan timbul benjolan kecil yaitu styes atau hordeolums. Walaupun tidak berbahaya namun cukup mengganggu penampilan Anda keesokan harinya.





Itulah akibat tidak membersihkan "Make-up" sebelum tidur. Mulai sekarang, luangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan make-up  sebelum tidur. Semoga Bermanfaat...



Tetap ikuti 'b n f' dan dapatkan artikel menarik lainnya.



Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar





Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Akibat Tidak Membersihkan "Make-up" Sebelum Tidur"

Posting Komentar